PAKAN IKAN BERBAHAN MAGGOT BSF UNTUK IKAN LELE DAN LAINNYA

ADAKAH PAKAN ALTERNATIF LELE SELAIN PELET?

media budidaya maggot
Larva Black Soldier Fly

Akhir akhir ini ramai dibicarakan di dunia maya  tentang keberadaan larva atau maggot lalat Black Soldier Fly (BSF), Hermetia ilucens.  Maggot bsf ini bisa dipergunakan sebagai pakan alternatif lele dan ikan yang lainnya (Nila, Gabus dll), serta di peternakan unggas (Ayam, Bebek).

Larva atau maggot black soldier fly (BSF) ini dipilih karena mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi, sekitar 45%, dan juga lemak sekitar 30%.   Selain hal tersebut, yang menjadikan maggot BSF menjadi pilihan menarik sebagai pengganti sebagian atau bahkan seluruhnya pakan ternak adalah karena maggot BSF ini bisa dihasilkan dengan cara yang mudah.  Sehingga bisa mengurangi biaya produksi ternak secara signifikan ditengah kecenderungan harga pakan ternak pabrikan yang selalu naik harganya.  Banyak sekali video tutorial yang menjelaskan tentang budidaya maggot serta pelatihan maggot bsf.

Pada awalnya, keberadaan maggot BSF ini dikenal sebagai agen bio-konversi sebagai pengolah sampah organik.  Larva BSF mampu mengolah sampah organik dalam jumlah banyak dengan waktu yang relative singkat.

 

PEMBUATAN PAKAN PENGGANTI CACING SUTRA

153Farm sebagai pembenih ikan juga sedang melakukan uji coba pembuatan pakan larva ikan (lele, patin dan gabus) sebagai pengganti cacing sutra.   Keberadaan cacing sutra memang cukup penting bagi para pembenih ikan karena ukurannya yang kecil sangat cocok sebagai pakan larva yang baru berumur beberapa hari.   Selain itu juga untuk mengantisipasi harga pelet ikan yang cenderung selalu naik.

Cacing sutra
Cacing sutra

Cacing sutra sendiri memang mengandung nilai gizi yang bagus untuk larva ikan, tetapi karena kebanyakan diambil dari alam dan berasal dari tempat tempat yang kurang bersih, dikhawatirkan cacing sutra membawa bakteri pathogen yang berbahaya bagi kehidupan larva ikan.

Ada beberapa cara penanganan yang harus dilakukan sebelum cacing sutra diberikan sebagai pakan ikan.  Salah satunya direndam didalam larutan Methyline Blue,  atau ditempatkan pada wadah yang dialiri aliran air selama 24 jam sampai hilang baunya.

Ada masa dimana cacing sutra sulit didapat di alam yakni pada saat musim hujan.   Sungai kecil atau saluran air yang biasa menjadi habitat cacing sutra akan terhempas aliran air saat hujan tiba dan menghanyutkan cacing sutra.

Kondisi yang demikian ini membuat 153Farm tergerak untuk melakukan uji coba pembuatan pakan larva ikan sebagai pengganti cacing sutra pada saat cacing sutra sulit didapatkan.   Penggunaan pakan buatan ini juga sangat memungkinkan untuk bisa disimpan lama di lemari pendingin.

Untuk membuat biaya produksi serendah mungkin, 153Farm menggunakan maggot lalat tentara hitam (BSF) sebagai pengganti tepung ikan yang semakin hari semakin mahal dan sulit didapatkan.  Selain penggunaan maggot BSF, diperlukan juga bahan bahan lain sehingga terbentuk pakan larva ikan berupa pasta yang mudah dimakan oleh larva ikan.

Pertimbangan penggunaan larva BSF sebagai pengganti tepung ikan didasarkan kepada tingginya nilai gizi larva BSF tersebut.  Selain protein dan lemak yang tinggi, larva BSF juga mengandung asam amino essensial yang sangat dibutuhkan larva ikan untuk tumbuh.  Kelebihan lain dari larva BSf adalah selain protein, lemak dan asam amino tersebut, juga mengandung asam lauric serta AGP alami (Natural Antibiotic Growth Promoter).

Seperti diketahui bersama bahwa sejalan dengan kebijakan WHO untuk mengurangi penggunaan berlebih antibiotik pada peternakan dan perikanan, pasal 22 ayat 4 huruf c Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014, menyebutkan bahwa melarang penggunaan pakan yang dicampur hormon tertentu dan/atau antibiotik imbuhan pakan.

Alasan utama pelarangan AGP adalah karena sudah tingginya kejadian resistensi bakteri terhadap banyak jenis antibiotik, bahkan antibiotik yang dipersiapkan untuk menangani kasus bakteri multi-resisten.  Di Eropa sendiri tertanggal 1 januari 2006 telah melarang semua jenis antibiotik yang ditujukan sebagai Growth Promoter, baik yang digunakan di manusia ataupun tidak.

Dengan adanya kandungan AGP alami dalam bahan pakan ikan ini, tentu saja akan membuat benih ikan menjadi lebih sehat dan kuat serta bisa mengurangi tingkat mortalitasnya.  Selain untuk ikan lele dan lainnya, maggot bsf juga sangat bagus untuk ternak unggas seperti ayam dan bebek.  Video tentang bagaimana ayam bangkok sangat suka makan maggot bsf bisa dilihat di LINK berikut ini.

Untuk sementara, larva ikan lele serta ikan gabus yang diberikan pasta pakan pengganti cacing sutra ini makan dengan lahap dan tampak sehat serta lincah.  Untuk larva ikan gabus yang diuji coba, ukuran panjangnya lebih kurang 2 cm dan sudah berumur 3 minggu.  Sebelumnya larva ikan gabus sudah diberi cacing sutra dan akan diberikan pasta produksi 153Farm sampai ukuran 5-7 cm.

Larva Ikan Gabus
Larva Ikan Gabus

153Farm berharap uji coba ini berjalan lancar sehingga bisa dipergunakan sebagai pakan ikan gabus bagi peternak gabus,  yang minyaknya sangat dibutuhkan oleh penderita penyakit kronis yang membutuhkan asupan albumin ikan gabus untuk memperbaiki kondisi kesehatannya.

Semoga…

×